27 April 2014

9th JAPFA CHESS FESTIVAL & GRANDMASTER TOURNAMENT 2014 - CLOSING CEREMONY

ACARA PENUTUPAN 9th JAPFA Chess Festival - Grandmaster Tournament 2014 berlangsung hari Jumat 25 April 2014 mulai jam 18.30 s/d 20.30 WIB di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Dalam sambutan penutupannya, GM Utut Adianto selaku Ketua Panitia dan Waketum PB PERCASI antara lain mengatakan, bahwa bukan tak mungkin bila tahun depan diselenggarakan 10th JAPFA Chess Festival yang lebih "spektakuler" yaitu dengan menambah kelompok-kelompok yang dipertandingkan hampir seperti di Kejurnas Catur, dengan konsekuensinya tentu saja biaya penyelenggaraan akan bertambah besar.. GM Utut Adianto (yang telah "lolos" dari Pileg mewakili Dapil 7 Jateng) sedikit kecewa dengan hasil JAPFA Grandmaster Tournament 2014, yang mana tak satu pun pecatur putra Indonesia yang meraih norma GM. "Pencapaian prestasi bukan hanya tanggungjawab PB PERCASI atau pun Pemerintah, tapi harus dimulai dari diri masing-masing pecatur itu sendiri. Bila mereka sudah memiliki kemauan - ini yang utama - bagaimana mereka berusaha meningkatkan teknik permainannya, bisa dengan belajar atau berlatih-tanding ataupun mengikuti turnamen-turnamen catur... PB PERCASI telah berupaya semaksimal mungkin bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan turnamen-turnamen catur baik tingkat Nasional maupun tingkat Internasional, namun kalau tidak diimbangi dengan kerja keras para pecatur untuk memacu prestasinya, maka sangat sayang sekali turnamen yang sudah terselenggara dengan biaya yang cukup besar tidak dimanfaatkan secara maksimal..."  

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Direktur PT Japfa Confeed Indonesia Tbk Bapak Hary Bowo yang mengatakan bahwa PT Japfa Confeed Indonesia Tbk akan terus mendukung kemajuan olahraga di Indonesia pada umumnya dan khususnya olahraga Catur.. Dari Kemenpora diwakili oleh Deputi Pembinaan Prestasi Olahraga Prof. DR. Djoko Pekik Irianto.

Dari kiri ke kanan peringkat 10 s/d 4 JAPFA Grandmaster Tournament 2014: IM Rolando Nolte dari Filipina, GM Cerdas Barus dari Indonesia, FM Muhamad Lutfi Ali dari Indonesia, IM Tirta Chandra Purnama dari Indonesia, IM Danny Juswanto dari Indonesia, IM Kirill Kuderinov dari Kazakhstan, IM Farid Firman Syah dari Indonesia. Paling kanan adalah Direktur PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk Hary Bowo.

Para Juara JAPFA Grandmaster Tournament 2014. Dari kiri ke kanan: GM Utut Adianto, Arsanti Alif Kepala Humas PT JAPFA, Prof. DR Djoko Pekik Irianto Deputi Menpora, Juara 1 JAPFA Grandmaster Tournament 2014 GM Sergey Tiviakov dari Nederland, Juara 2 JAPFA Grandmaster Tournament 2014 IM Nguyen Huyn Minh Huy dari Vietnam, dan Hary Bowo Direktur PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (Juara 3 JAPFA Grandmaster Tournament 2014 GM Suat Atalik dari Turki tidak hadir karena sedang berkemas)

Hasil akhir JAPFA WGM Match 2014 antara WGM Medina Warda Aulia(INA) vs WGM Ticia Gara dari Hungaria adalah imbang 3-3. Dengan skor yang sama 3-3, maka WGM Medina Warda Aulia dari Indonesia "berbagi" hadiah dengan WGM Ticia Gara dari Hungaria, masing-masing 750 USD.

Para Juara Kelompok Open 9th JAPFA Chess Festival 2014, dari kiri: GM Utut Adianto selaku Ketua Panitia dan Waketum PB PERCASI, Juara 1 FM Anjas Novita dari Jabar, Juara 2 GM Susanto Megaranto dari Jabar, dan Juara 3 IM Ronny Gunawan dari Jatim (diwakili oleh wasit anggota Samuel Ramlan). Dua pecatur putri Indonesia yang merupakan anggota TimNas Catur Indonesia untuk Olimpiade Catur 2014 ikut bertanding dikelompok ini, dengan hasil WIM Chelsie Monica Sihite menempati peringkat 9 dan WFM Dewi AA Citra di peringkat 47 dari 240 peserta. Untuk melihat hasil akhir lengkap kelompok Senior Putra atau kelompok Open, klik disini: Hasil Akhir Kelompok Open 9th JAPFA Chess Festival 2014

Ketua Bidang Hukum & Disiplin PB PERCASI Herman Kurniadi membagikan piala dan hadiah kepada para juara kelompok Senior Putri 9th JAPFA Chess Festival 2014. Untuk melihat hasil akhir lengkap kelompok Senior Putri, klik disini: Hasil Akhir Kelompok Senior Putri 9th JAPFA Chess Festival 2014 

Paling kiri adalah Pelatih Timnas Catur Indonesia GM Ruslan Shcherbakov dari Rusia. Untuk melihat hasil akhir lengkap kelompok Junior Putra 18, klik disini: Hasil Akhir Kelompok Junior Putra U-18

Ketua Bidang Humas PB PERCASI Ursamsi (Ury) Hinukartopati membagikan piala dan hadiah kepada Juara 1, 2, 3 kelompok Junior Putri Usia 18 tahun kebawah. Untuk melihat hasil akhir lengkap kelompok Junior Putri 18, klik disini: Hasil Akhir Kelompok Junior Putri U-18 


Yang menarik, juara di kelompok Junior Putra usia 10 tahun kebawah 9th JAPFA Chess Festival 2014 justeru adalah seorang puteri bernama Diajeng Theresa Singgih - yang merupakan adik dari WGM Irine Kharisma Sukandar - berasal dari Provinsi Jabar.


Paling kiri adalah Pelatih Timnas Catur Junior Lapis Dua GM Rustam Khusnutdinov dari Kazakhstan. Untuk melihat hasil akhir lengkap kelompok Veteran, klik disini: Hasil Akhir Kelompok Veteran 9th JAPFA Chess Festival 2014

Acara penutupan 9th JAPFA Chess Festival 2014 juga dimeriahkan dengan tampilnya para penyanyi dari ibukota. Sampai jumpa di 10th JAPFA Festival 2015. 

Salam Satu Keluarga!

Facebook
0 Blogger